COATING BATU ALAM

Coating Batu Alam Penyempurna Tampilan Dinding

Namun masih banyak yang belum memahami tujuan penggunaan coating batu alam. Dan di artikel ini kami akan membahas tuntas tentang coating batu alam.

Coating Batu Alam Penyempurna Tampilan Dinding – Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, Apa sih Coating batu alam? Karena sebelumnya sudah sering kita singgung tentang coating batu alam pada setiap artikel Tentang batu alam.

Namun masih banyak yang belum memahami tujuan penggunaan coating batu alam. Dan di artikel ini kami akan membahas tuntas tentang coating batu alam.

Penggunaan coating batu alam sendiri bertujuan untuk melapisi permukaan batu alam dari lumut dan jamur, yang dapat membuat kerusakan maupun menutupi tekstur tampilan dari batu alam itu sendiri.

Tentunya penggunaan coating pada aplikasi batu alam adalah suatu keharusan bagi para pengguna batu alam yang ingin memiliki tampilan dinding pagar maupun rumah, agar selalu nampak bersih, alami dan cerah tanpa tertutupi lumut maupun jamur yang tentunya juga dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan batu alam.

Pertumbuhan lumut, biasanya terjadi pada permukaan batu alam yang sering terkena sinar matahari. Sedangkan pertumbuhan jamur terjadi pada permukaan batu alam yang tidak terkena sinar matahari, namun semuanya dapat tumbuh lebih cepat dengan kelembaban tertentu.

Hal ini akan sangat penting penggunaan coating batu alam jika batu alam di aplikasikan pada eksterior, yang mengalami perubahan cuaca tak menentu di setiap harinya.

1. Jenis Coating Batu Alam

Jenis coating batu alam meliputi invinsible water repellent (penetrating finish) dan clear coating. Perbedaan menarik dari kedua jenis coating tersebut, ada pada hasil finishing, yang mana pelapisan jenis clear coating dapat membentuk lapisan film di atas pemukaan batu alam sehingga menampilkan kesan basah dan menonjolkan guratan ciri khas batu alam yang membuat batu alam nampak indah dan bersih.

Sedangkan invinsible water repellent, tidak menampilkan kesan basah ataupun lapisan film, namun jenis pelapisan ini lebih menonjolkan sifat alami dari batu alam dan tetap melindungi permukaan batu dari air.

2. Cara Penggunaan Coating Batu Alam

Perlu diketahui, penggunaan coating dilakukan setelah pemasangan batu alam pada dinding. Adapun langkah-langkah yang tepat untuk penggunaan coating batu alam yang sudah di lakukan para ahli di bidang ini. Berikut langkahnya :

Yang Pertama, sebelum di lakukan pelapisan/coating, bersihkan terlebih dahulu permukaan batu dari sisa semen saat pemasangan, debu, minyak ataupun kotoran lain agar cat pelapis dapat meresap dan menempel dengan sempurna, serta membuat tampilan batu alam yang alami. Membersihkannya dapat di lakukan dengan sikat dan air ataupun bila diperlukan gunakan sabun.

Yang Kedua, pastikan batu alam dalam keadaan kering dari sisa air pembersihan tadi dan cuaca yang panas sangat tepat untuk kegiatan pelapisan ini.

Yang Ketiga, pada tahap ini sudah dapat dilakukan pengecatan/pelapisan batu alam. Pengecatan dapat di lakukan dengan kuas seperti halnya mengecat dinding, namun akan lebih baik hasilnya jika di semprotkan menggunakan kompresor.

Yang Keempat, untuk pelapisan yang maksimal dapat dilakukan 2 kali pengecatan. Tunggu setelah pelapisan yang pertama selama 15-20 menit, setelah itu pelapisan yang kedua dapat dilakukan.

Semakin banyak tahap pengecatan semakin baik hasil yang di peroleh, terutama untuk daya tahan terhadap lumut yang menyebabkan korosif pada batu alam.

Yang Kelima, pastikan pengecatan merata pada seluruh permukaan batu alam untuk hasil pelapisan yang maksimal. Keadaan kering cat pelapis sangat tergantung pada cuaca, jika cuaca panas dapat di pastikan keesokan hari sudah dapat dilihat manfaatnya.

Coating batu alam yang baik dapat di lakukan setiap 6 bulan sekali sampai setahun sekali, agar batu alam selalu terjaga kebersihan dan kealamiannya.

Penggunaan coating batu alam sangat tepat jika di aplikasikan pada batu alam yang memiliki pori-pori besar seperti batu candi, karena dengan pertumbuhan jamur dan lumut yang lebih cepat akan berpotensi lebih besar kerusakan pada permukaan batu alam.

Namun penggunaan cat pelapis untuk coating pada batu candi akan lebih banyak di banding penggunaan coating untuk batu alam yang memiliki pori-pori lebih kecil.

3. Manfaat Coating Batu Alam

Jadi, dari kesimpulan di atas dapat di simpulkan bahwa fungsi utama dari penggunaan coating batu alam adalah untuk melapisi dan melindungi batu alam dari masuknya air hujan melalui pori-pori batu alam .

Selain itu dapat mengurangi kontak langsung batu alam dengan sinar matahari, yang dapat memicu pertumbuhan lumut ataupun jamur yang berpotensi merusak tampilan maupun tekstur dari aplikasi batu alam tersebut.

Dan fungsi lain dari coating batu alam adalah untuk mempertegas dan menonjolkan warna alami dari masing-masing jenis batu alam.

Demikianlah artikel tentang Coating Batu Alam Penyempurna Tampilan Dinding ,semoga membantu dan juga bermanfaat. Cahaya Alam Stone

 

Tags

Cahaya Alam Stone

Menjual Berbagai Macam Jenis dan Ukuran Batu Alam, Pemasangan Batu Alam, Batu Koral Sikat, Taman, Tebing, Air Mancur dan Kolam Minimalis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker