BATU ALAMDESAIN BATU ALAM

Cara dan Variasi Pola Pemasangan Lantai Batu Alam

Setelah kita mengetahui karakteristik batu alam andesit, kami akan berbagi tips tentang pemasangan lantai batu alam andesit. Lantai batu alam andesit sangat mudah untuk di terapkan

Cara dan Variasi Pola Pemasangan Lantai Batu Alam – Cara Pemasangan Lantai Batu Alam di lakukan dengan 2 cara yaitu, cara pemasangan lantai batu alam dengan metode/cara pasang keramik lantai dan cara pemasangan lantai batu alam dengan metode pemasangan paving block.

Pada artikel sebelumnya telah kami bahas tentang lantai batu alam, khususnya lantai batu alam andesit. Yang mana batu alam andesit sangat tepat untuk aplikasi lantai batu alam. Dengan beragam kelebihan batu andesit memudahkan anda untuk mengaplikasikan batu alam di setiap sudut lantai, baik interior maupun eksterior.

Setelah kita mengetahui karakteristik batu alam andesit, kami akan berbagi tips tentang pemasangan lantai batu alam andesit. Lantai batu alam andesit sangat mudah untuk di terapkan.

Cara Pemasangan Lantai Batu Alam

 

1. Cara Pertama, Metode Pemasangan Lantai Batu Alam dengan metode/cara pemasangan keramik pada lantai.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Sebelum anda memasang batu alam andesit untuk lantai, pastikan selesainya semua tahap pada pembangunan rumah, karena pemasangan ini harus di lakukan di akhir, butuh waktu mengeringkan nya untuk dapat di gunakan.

2. Setelah hal pertama di atas beres, anda dapat memulainya dengan membersihkan, mengeringkan dan meratakan lantai yang akan di pasang batu alam.

3. Pasang benang lurus melintang di area yang akan di pasang batu alam/keramik batu alam, dengan tinggi sesuai dengan tinggi batu alam/keramik yang akan di pasang dan berikan gap untuk tingginya adukan semen guna merekat kan batu alam tersebut dengan lantai.

Cara dan Variasi Pola Pemasangan Lantai Batu Alam
Cara dan Variasi Pola Pemasangan Lantai Batu Alam

4. Sebelum di pasang, di rendam terlebih dahulu batu alam atau keramik batu alam agar memberikan daya lekat yang kuat saat pemasangan.

5. Berikan adukan semen yang penuh untuk lantai yang akan di pasang keramik batu alam / batu alam, kemudian tempel kan batu alam dan ketuk tidak terlalu keras untuk merekatkan, memadatkan dan yang selanjutnya untuk meratakan dengan pemasangan sebelumnya.

6. Lakukan hal tersebut di atas mulai dari depan, untuk mendapatkan kerapihan sampai pemasangan yang di dapat dari pemotongan keramik terakhir. Namun ada juga yang memasang dari titik tengah, untuk memberikan ujung-ujung dengan keramik pemotongan.

Cara dan Variasi Pola Pemasangan Lantai Batu Alam

7. Tunggu hingga 2-3 hari untuk pengeringan maksimal tanpa harus diinjak lantai tersebut.

Cara pemasangan lantai batu alam yang pertama ini cocok untuk lantai interior, seperti lantai teras rumah, lantai ruang tamu, keluarga dan kamar mandi

2. Cara Kedua, Pemasangan Lantai Batu Alam metode/cara pemasangan Paving block

 

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Sebelum Paving block dipasang pastikan struktur dari lahan yang hendak di Paving dalam keadaan benar-benar padat. Apabila belum padat dapat dipadatkan dengan menggunakan mesin Roller (Wales) atau Stamper kuda. Hal ini agar lahan yang telah dipasang paving block tidak amblas.

2. Sesuaikan spesifikasi beban yang akan melewati lahan yang akan dipasang paving dengan material pendukung untuk landasan area paving. Material tersebut dapat berupa : Limestone, Base Course, Sirdam, Makadam dsb.

3. Pastikan permukaan lahan yang akan di paving dalam kondisi rata/ sudah level.

4. Pasang Kanstin beton sebagai pengunci paving block, agar paving block yang sudah terpasang tidak bergeser.

5. Gelar abu batu mengikuti kemiringan yang telah ditentukan kemudian diratakan dengan menggunakan jidar kayu.

7. Lakukan pemasangan paving block dengan cara maju kedepan, sementara pekerja pemasang paving berada diatas paving yang telah terpasang.

8. Untuk tepian lahan/ sudut-sudut yang belum terpasang paving block (las-lasan), potong paving block dengan menggunakan alat pemotong paving block/paving block cutter.

9. Setelah lahan 100% sudah terpasang paving block, selanjutnya kita lakukan pengisian antar naat paving block tersebut (pengisian joint filler) dengan menggunakan abu batu.

10. Padatkan paving block yang telah terpasang dengan menggunakan baby roller atau stamper kodok 1 sampai 2 kali putaran agar timbul gaya saling mengunci antar paving block satu sama lainnya.

11. Bersihkan area lahan yang telah terpasang paving block dari sisa-sisa abu batu.

Adapun beberapa variasi pola pemasangan lantai batu alam dengan cara/metode pemasangan paving block di atas, seperti pada gambar di bawah.

Cara pemasangan lantai batu alam yang kedua ini cocok untuk lantai eksterior, seperti lantai halaman rumah, lantai lapangan olahraga, lantai taman rumah, dll.

Hampir semua jenis Batu Alam Cirebon dapat di aplikasikan pada lantai, pemilihan batu alam tergantung dari selera, tempat dan perpaduan yang tepat untuk menampilkan keindahan dari batu alam tersebut.

Demikianlah artikel saat ini tentang Cara dan Variasi Pola Pemasangan Lantai Batu Alam , semoga bermanfaat, butuh batu alam kontak kami Cahaya Alam Stone .

Tags

Cahaya Alam Stone

Menjual Berbagai Macam Jenis dan Ukuran Batu Alam, Pemasangan Batu Alam, Batu Koral Sikat, Taman, Tebing, Air Mancur dan Kolam Minimalis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker