COATING BATU ALAM

Beginilah Cara Cat Batu Alam Dan Membersihkan Yang Direkomendasikan

Cat batu alam memiliki jenis larutan acrylic resin yang terbuat khusus untuk dipermukaan batu alam. Melakukan pengecatan batu alam

Beginilah Cara Cat Batu Alam Dan Membersihkan Yang Direkomendasikan – Bagi anda yang sudah berpengalaman dengan coating pernis (cat batu alam) ? pasti istilah ini tidak lagi familiar, namun untuk yang newbie pasti akan bertanya dan belum mengerti dengan proses coating yang benar dan baik.

Tahukah anda bahwa batu alam memiliki karakteristik berpori yang besar sehingga dapat tumbuh dan berkembang lumut, terlebih jika lingkungan rumah yang anda miliki lembab dan sering terkena air. Untuk melindungi agar tidak terkena lumut maka diperlukan cat batu alam / coating.

Cat batu alam memiliki jenis larutan acrylic resin yang terbuat khusus untuk dipermukaan batu alam. Melakukan pengecatan batu alam akan membuat batu alam lebih tahan terhadap cuaca, karena akan meresap dan melapisi dinding pori-pori batu alam, sehingga air hujan tidak dapat lagi masuk ke pori-pori.

 

Bagaimana cara penggunaan coating pernis / cat batu alam step by step :

 

  1. Supaya coating/cat batu alam dapat meresap dan menempel secara sempurna pada batu alam. Bersihkan batu dari debu, minyak, semen, cat dan kotoran lainnya.
  2. Saat anda melakukan coating/cat batu alam pastikan dalam keadaan panas atau tidak hujan.
  3. Untuk melakukan coating/cat batu alam disarankan menggunakan kompresor untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna atau bisa menggunakan kuas.
  4. Anda dapat melakukan proses coating/cat batu alam 2 kali, yaitu proses coating pelapisan pertama dan dikeringkan selama 15-20 menit. Dapat dilakukan pelapisan ke 2 jika menginginkan hasil yang lebih maksimal.
  5. Biasanya daya sebar satu kaleng cat batu alam yaitu 1 liter bisa melapisi 5-8 m2 tergantung jenis dan porositas batu, untuk batu candi penggunaan akan lebih boros karena jenis batu tersebut mempunyai pori-pori yang lebar dan banyak.

Setelah anda melakukan coating/cat batu alam hal yang perlu anda lakukan di kemudian hari adalah melakukan perawatan pada batu alam. Perawatan batu alam sebenarnya tidak begitu sulit dan dapat dilakukan minimal 1 tahu sekali. Berikut ini cara membersihkan batu alam yang dapat anda dilakukan :

1. Membersihkan Batu Alam Pada Lantai

Bagi anda yang ingin membersihkan batu alam pada lantai di halaman depan/garasi dapat menggunakan cairan pembersih porselen dengan sikat.

Jika anda tidak melakukan perawatan dalam waktu kurun tertentu, maka jangan heran jika kerak tersebut sulit untuk dihilangkan. Batu alam yang sudah dibersihkan dapat dilakukan coating/cat batu alam kembali untuk mendapatkan hasil yang sama pada saat awal pemasangan.

2. Menggunakan Cairan Khusus Untuk Batu Alam Yang Keras

Jenis Batu alam memiliki karakteristik batu yang keras seperti batu templek, batu andesit, batu candi dan lainnya. Batu alam yang mengalami pelapukan, berlumut dan ada kotoran dapat diatasi dengan menggunakan pembersih porselen tapi ternyata cara tersebut dinilai kurang, dapat menggunakan campuran air keras dicampur dengan air kemudian digosok dengan sikat.

3. Menggunakan Ampelas Untuk Batu Alam Lunak

Cara lainnya yang ampuh adalah menggunakan ampelas untuk bahan batu alam yang lunak, membersihkan batu yang sudah mengalami pelapukan yang cukup lama dapat diatasi dengan cara pengamplasan. Proses pengamplasan dapat dilakukan saat batu alam dalam kondisi kering.

Jenis batu alam yang beraneka ragam memiliki karakteristik batuan yang berbeda-beda serta jenis kotoran yang ingin dibersihkan berpengaruh terhadap cara membersihkan batu alam.

Untuk hasil yang maksimal dalam proses pembersihan lakukanlah secara berkala. Jika batu alam dibiarkan kotor dan penuh lumut akan sangat membahayakan bagi penghuni rumah dari segi kesehatan. Selain itu, batu alam yang kotor memberikan kesan hunian tergolong kedalam ciri-ciri tidak sehat. Selamat mencoba yah. “Good luck”.

 

Tags

Cahaya Alam Stone

Menjual Berbagai Macam Jenis dan Ukuran Batu Alam, Pemasangan Batu Alam, Batu Koral Sikat, Taman, Tebing, Air Mancur dan Kolam Minimalis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker