Tips Memilih Batu Alam Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Tips Memilih Batu Alam Yang Jarang Diketahui Banyak Orang - Di jaman modern saat ini salah satu trend arsitektur rumah adalah mendesain rumah menggunakan batu alam sebagai material bangunannya. Dibandingkan batu bata, saat ini batu alam lebih populer di masyarakat perkotaan. 

Hunian minimalis merupakan hunian yang sering menggunakan batu alam sebagai material. Hal ini dikarenakan rumah terlihat dinamis dan mewah setelah divariasikan dengan batu alam.

Ada banyak jenis batu alam yang dapat anda pilih, mulai dari batu alam koral, batu alam candi, batu alam andesit, batu alam marmer, batu alam granit dan lainnya. 

Memang sejak dahulu batu alam dipercaya dapat memperindah tampilan rumah, hanya saja konsepnya harus dibuat secara baik. Selain itu warna car harus senada dengan batu alam supaya terlihat alami dan indah.

Berikut ini adalah tips memilih batu alam yang baik dan benar

1. Perhatikan anggaran yang anda miliki

Hal pertama yang perlu diperhatikan memilih batu alam adalah anggaran, bagi anda yang memiliki anggaran yang banyak dapat memilih batu alam yang terbaik yaitu batu alam yang solid, jenis pola dan desain yang anda inginkan. 

Diperkirakan harga mulai dari Rp. 55.000 s.d 1 Juta permeter, itu belum termasuk dengan harga pemasangan (jasa).

Jadi anda harus melakukan survey dan selektif dalam memilih dan menentukan jenis batu dan harga jangan sampai anda kekurangan budget sehingga tidak sesuai dengan konsep yang anda inginkan.

2. Sesuaikan dengan tema rumah idaman anda

Hal kedua yang perlu anda perhatikan adalah tema rumah yang dimiliki, dalam memilih batu alam harus sesuai dengan tema atau gaya rumah. Jika anda memilih bergaya minimalis dapat menggunkan warna kalem bertekstur polos seperti batu andesit dan templek.

Sedangkan konsep rumah bergaya modern dan tradisional dapat menggunakan batu alam yang bersifat alam yaitu batu alam kali belah, batu alam salagedang, batu alam candi dan batu alam bronjol.

3, Jenis batu alam yang digunakan

Tahukah anda batu alam dibedakan menjadi dua jenis yaitu batu solid dan non solid. Batu solid digunakan untuk di eksterior dan interior rumah seperti batu alam pacitoroso dan andesit. 

Selain itu, batu bib solid biasanya digunakan dibagian ruang yang tidak terkena sinar matahari langsung seperti batu alam paras jogja dan palimanan

Ada banyak jenis batu alam yang dapat anda pilih yaitu batu alam marmer, batu alam candi, batu alam granit, batu alam palimanan, batu alam paras jogja, batu alam templek, batu alam susun sirih, batu alam cladding, batu alam lainnya, anda dapat memilih sesuai dengan budget yang dimiliki.

4. Bahan lainnya yang digunakan

Bahan lainnya ini yang terpenting untuk digunakan dalam pemasangan batu alam, karena jika salah dalam memilih membuat batu alam cepat lepas. Hal pertama yang dapat dilakukan untuk adonan (spesi) pemasangan batu. 

Biasanya harganya lebih mahal tapi hasil yang didapat lebih baik dari semen biasa. Hal kedua adalah coating yang digunakan untuk melindungi batu (bangunan eksterior).

Dalam memilih batu alam pada saat ini bukan sesuatu yang sulit, namun setidaknya anda harus mengetahui karakteristik masing-masing dari batu alam tersebut, supaya sesuai dengan manfaat dan konsep yang anda inginkan.

Terimakasih anda sudah membaca mengenai tips memilih batu alam yang baik diharapkan artikel ini sebagai acuan dalam memilih dan menentukan konsep rumah idaman anda. 

Jika anda mengalami kesulitan dalam menentukan konsep batu alam untuk di rumah, ada dapat menghubungi dan konsultasikan kepada kami, kami berikan konsultasi gratis kepada anda.

Cahaya Alam Stone
Cahaya Alam Stone Menjual berbagai macam jenis dan ukuran batu alam, pemasangan batu alam, koral sikat, taman, tebing air mancur dll