Tips Memilih Batu Alam Untuk Lantai Garasi Yang Tepat

Tips Memilih Batu Alam Untuk Lantai Garasi Yang Tepat - Batu alam Lantai garasi memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri untuk mempercantik rumah, seperti bagian lantai interior dan eksterior rumah, batu alam lantai garasi, kamar mandi, teras, dapur, taman dan lainnya. 

Anda harus sudah merencanakan batu alam yang cocok untuk dipasangkan oleh karena itu lanjutkan membaca agar tidak ada yang terlewat pada saat memilih dan membeli batu alam di lantai.

Anda harus mempertimbangkan aspek lokasi terlebih dahulu di lantai mana yang akan dipasang batu alam, apakah batu alam lantai garasi, taman, interior, eksterior. Setiap rumah seringkali menggunakan spesifikasi batu alam yang khusus sesuai dengan kebutuhan agar relevan, harmonis, seirama yang memiliki nilai seni arsitektur yang baik.

Dalam memilih batu alam lantai untuk di pasangkan di area apapun, memilih batu alam untuk lantai harus mengetahui beberapa hal yang penting, sebagai berikut :

  • Jenis batu alam, ada banyak jenis batu alam lantai seperti batu alam andesit, marmer, coral, granite dan lainnya.
  • Jenis Finishing batu alam
  • Motif, Corak dan warna. Jenis batu alam lantai memiliki beraneka ragam motif corak dan warna
  • Harga, batu alam lantai memiliki harga yang beraneka ragam mulai dari Rp.45.000/m2 s.d 2.000.000/m2
  • Agen/sumber/toko memperoleh batu alam.

 

Memilih Bantu Alam Lantai Yang Tepat

 

1. Semen

Semen yang disediakan terdiri dari campuran pasir, batu alam dan semen. Lantai semen dicetak dapat berupa lembaran/lempengan dengan ketebaan 2cm hingga 6 cm tergantung kondisi lantai tersebut. Proses percetakan bisa dilakukan dengan cor ditempat, agar tampilan menarik anda bisa menambahkan hiasan rumput atau koral sikat.

2. Semen Plesteran

Lantai semen plesteran merupakan jenis material yang paling murah dan sederhana. Selain itu, cara pengerjaan nya pun sederhana hanya dengan member plester pada permukaan kemudian finishing, diberi aksen garis dengan menggunakan alat khusus yaitu trowel.

3. Beton Cetak

Beton cetak memiliki dua jenis cetakan yang terdapat di pasaran, beton cetak yang biasa digunakan bentuknya padat disebut paving block, sedangkan beton cetak yang bentuknya tengah berongga adalah grass block. Material ini bisa dikatakan ramah lingkungan sebab roda bagian tengah gras block dapat ditanami rumput yang mampu menyerap air hujan untuk cadangkan air.

4. Batu Koral Sikat

Cara pengerjaan bahan koral sikat hampir sama dengan semen cetak. Bedanya, permukaan semen ditaburi batu koral sikat. Setelah itu, pada saat setengah kering permukaan semen di sikat dengan sikat kawat agar tekstur koral sikat lebih muncul. Material koral sikat membutuhkan perawatan berkala untuk mencegah timbulnya jamur terutama di musim hujan.

5. Batu Alam

Batu alam memiliki material yang banyak digunakan di lantai garasi adalah batu alam kali lempeng dan batu alam andesit. Warna yang cenderung gelap menyamarkan noda dan terkesan alami. Untuk pencegahan jamur lapisan permukaan batu alam dilakukan coating/cat batu alam.

6. Keramik

Keramik memiliki motif, tekstur dan warna yang bervariatif menjadikan material ini cukup menjadi palihan untuk lantai garasi. Pilih tekstur keramik yang bertekstur kasar yang memang didesain untuk outdour agar tidak licin saat berjalan. 

Selain itu, pilihlah keramik yang berukuran kecil 30x30 cm, karena lebih mampu menahan beban berat seperti mobil maupun motor.

Bagaimana pendapat anda setelah membaca artikel ini, apakah masih belum jelas ? bagi anda yang masih belum jelas bisa bertanya dikolom komentar, tapi bagi anda yang ingin menanyakan lebih jauh dan cara membeli batu alam lantai garasi, anda dapat menghubungi kami. Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat “amin”

Cahaya Alam Stone
Cahaya Alam Stone Menjual berbagai macam jenis dan ukuran batu alam, pemasangan batu alam, koral sikat, taman, tebing air mancur dll