Kelebihan Dan Kekurangan Batu Alam Yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan dan kekurangan batu alam - Di jaman modern saat ini batu alam tengah menjadi pilihan utama diantara material-material bangunan lainnya. Karena batu alam memiliki keindahan, kelebihan dan nilai jual yang lebih untuk rumah anda. 

Namun bukan berarti tidak memiliki kekurangan yang dimiliki oleh bangunan material bangunan lainnya.

Berikut ini kami jelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan batu alam yang mungkin akan menjadi bahan pertimbangan yang ingin anda pilih sebagai material bangunan untuk rumah anda.

# Kelebihan Pemilihan Batu Alam

1. Rumah menjadi lebih indah

Batu alam memiliki bentuk dan warna yang beraneka ragam, anda tinggal memilih sesuai dengan desain konsep rumah anda. Dengan adanya batu alam rumah menjadi lebih bervariasi dan terlihat alami.

2. Harga jual rumah menjadi tinggi

Sudah jelas bahwa rumah menjadi bervariasi dan berwarna karena harga bahan dasar berharga mahal. Namun harga jual rumah bisa lebih mahal dan bertambah mahal hanya karena kenaikan dari harga batu alam.

Rumah memiliki berbagai bebatuan yang didesain indah tentu rumah menjadi mahal, belum lagi harga tanah yang semakin tahun semakin meningkat. Perlu diketahui investasi property rumah tidak mengalami penurunan.

3. Rumah berkesan elegan, natural dan mewah

Beragam pilihan batu alam mulai dari batu alam andesit, marmer, granit, sabak, palimanan, dan lainnya akan membuat rumah sesuai dengan konsep yang ingin anda miliki contohnya tema rumah tradisional, rumah yang dilapisi batu alam dengan maksimal tentunya rumah akan terlihat sangat alami/natural.

Batu alam akan menambah nilai estetika rumah, tentu terlihat elegan dan mewah. Perumahan di perkotaan dengan konsep rumah minimalis telah banyak menggunakan batu alam sebagai material.

4. Terbebas dari lumut dan jamur

Beda halnya dengan marmer atau keramik, penggunaan batu alam sebagai material utama untuk memperindah desain rumah nantinya terhindar dari lumut dan jamur. Seperti yang diketahui bersama  jamur dan lumut merupakan masalah yang dapat mengganggu keindahan rumah, dengan adanya batu alam maka akan terhindar dari lumut dan jamur.

5. Tidak perlu sering dirawat

Penggunaan batu alam sebagai material utama dalam mendesain rumah tidak perlu melakukan proses perawatan karena batu alam merupakan salah satu jenis batu yang berasal dari alam  dan memiliki warna yang indah.

6. Ukuran flexible dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Berbagai jenis batu alam memiliki berbagai macam ukuran dari yang kecil sampai besar dengan bentuk bermacam-macam. Hal ini menjadi keuntungan karena dapat disesuaikan dengan selera dan konsep rumah anda sehingga tidak monoton.

# Kekurangan batu alam

1. Sulit untuk diperbaiki

Jika rumah anda terkena banjir bahkan sampai mengotori dinding yang terpasang batu alam, tentu bisa diatasi dengan disemprot dengan air. 

Akan tetapi menjadi masalah jika ada orang iseng yang sengaja mencoret-coret rumah dengan pilok atau cat maka sangat sulit untuk diatasi.

Solusi mengatasinya yaitu dengan mengganti batu alam, resikonya mengganti batu alam harus ada budget dan kerepotan tersendiri bila perekat batu alam sangat kuat.

2. Memiliki warna yang tidak seragam

Batu alam miliki warna/corak yang tidak seragam, ini adalah salah satu kelebihan tersendiri yang jadi masalah membutuhkan keterampilan tersendiri dalam pemasangan. 

Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena penjual batu alam biasanya sudah merancang konsep model batu alamnya sehingga memudahkan untuk di pasangkan.

3. Harga lebih mahal dari keramik

4. Memiliki pori-pori yang besar sehingga air dapat menyerap

Demikian kelebihan dan kekurangan batu alam yang untuk di rumah, semoga bermanfaat.

Cahaya Alam Stone
Cahaya Alam Stone Menjual berbagai macam jenis dan ukuran batu alam, pemasangan batu alam, koral sikat, taman, tebing air mancur dll